[HAPPY WORLD CAR FREE DAY 2017]

Hello Guys…
Good morning
There is a good news for  you “heroes”…



Today is World Car Free Day  “CFD”

Pasti sudah pada tahu kan apa itu CFD??
Mana suaranya yang sering CFD sambil ngawul di Simpang Lima??

Image result for cfd simpang lima semarang

Yuk mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai CFD

      CFD adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat polusi udara dan mendorong masyarakat menggunakan moda transportasi ramah lingkungan seperti sepeda. Bayangkan, pada tahun 2005, ibu kota negara kita  mendapat peringkat 3 sebagai ibukota dunia paling polutan di dunia. Penyebabnya adalah asap kendaraan bermotor menjadi penyumbang 26 persen dari total polusi yang dihasilkan di Indonesia.

Related image
       
Menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), setiap kali kendaraan mengeluarkan asap, sekitar 1.000 unsur beracun yang terkandung di dalamnya turut mengotori udara. Unsur-unsur beracun yang terkandung asap kendaraan seperti karbon monoksida, karbon dioksida, partikulat, ozon, timbel, dan sulfur dioksida pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Image result for car free day

1. What is CFD?
         Car Free Day atau dalam bahasa Indonesia adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor yaitu gerakan yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.

2. What is the purpose of CFD?
- Mensosialisasikan perlunya upaya penurunan pencemaran udara melalui pengurangan pengunaan kendaraaan bermotor dengan alternatif pengunaan transportasi tidak bermotor (jalan kaki, bersepeda, dan lain-lain) atau kendaraan ramah lingkungan serta penggunaaan angkutan umum massal.
- Meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kendaraan bermotor adalah sumber emisi terbesar di kota-kota besar dan emisi merupakan bahan beracun yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan masyarakat.
- Mendorong tumbuhnya inovasi kebijakan untuk membangun jalur pejalan kaki dan sepeda serta inovasi kebijakkan penegakan hukum yang mampu mendorong terciptanya kondisi lalu lintas jalan raya yang aman dan nyaman dengan mengembangkan partisipasi masyarakat.

3. What is the result of CFD?
- Meningkatnya kualitas udara akibat terjadi penurunan pencemaran udara selama pelaksanaannya.
- Pengguna sepeda meningkat yang ditandai dengan meningkatnya komunitas pengguna sepeda .
- Dilaksanakannya Car Free Day di beberapa kota di Indonesia setiap minggunya, menjadi contoh bagi beberapa kota di negara lain dalam pelaksanaan Car Free Day.
- CAI-Asia memberikan penilaian kualitas udara kota dengan kategori good untuk Ibu Kota Negara kita.

So, don’t be lazy to be HAPPY PEDESTRIAN or BICYCLER  in Car Free Day… You are HEROES for BELOVED EARTH.

Everywhere is walking distance if you have the time" ~Steven Wright
"Think of bicycles as rideable art that can just about save the world" ~Grant Peterson

#CFDan
#EarthHeroes
#NoCarNoMotor
#SaveEarthBeHealthyLife

KMPL 2017
BELAJAR BERKARYA BERMAKNA

Komentar