[HAPPY WORLD TREES DAY 2017]







One Person One Tree

Hello guys…
How are you “Green Generation”?

Tahukah kalian bahwa hari ini diperingati sebagai World Trees Day (Hari Pohon se-Dunia)?

Yaaappp… setiap tanggal 21 November di beberapa negara, termasuk Indonesia memperingati hari pohon sedunia. Tanggal ini dipilih untuk menghormati jasa J. Sterling Morton, seorang pecinta alam asal Amerika yang gigih menyerukan gerakan menanam pohon.

~Apa Tujuan WTD?
Mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam, dan melindungi habitat makhluk hidup di dunia.

~ Apa sih Pentingnya Pohon?
- Sebuah pohon ukuran sedang mampu memproduksi cukup oksigen yang dapat digunakan satu keluarga (yang terdiri dari 4 orang) untuk bernapas.
- Tiga pohon yang ditanam di sekeliling gedung dapat mengurangi pemakaian pendingin ruangan hingga 50%
- Area pepohonan membuat kita rileks dan mengurangi stress
- Pohon-pohon di sebagian besar hutan di dunia menghasilkan senyawa yang dapat menyembuhkan penyakit yang mematikan, salah satunya kanker.
- Jika menanam 20 juta pohon, dunia dan penduduknya akan mendapat lebih dari 260 juta ton O2 dan menghilangkan 10 juta ton CO2. CO2 yang berkurang akan mengurangi emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.

~ Apa Kabar POHON KITA?
POHON KITA sekarang mengalami banyak pengurangan. Setiap detik, 1,5 hektar pohon di hutan ditebang demi kepentingan industri. Menurut World Resource Institute, berkurangnya pohon akan berkontribusi sebesar 12-17% emisi global gas rumah kaca setiap tahunnya. Dan percayakah kalian, bahwa Indonesia menjadi negara yang mengalami deforestasi teritinggi di dunia? Ini bukan kabar burung wahai kalian “Green Generation”, ini adalah sebuah FAKTA REALITA. Majalah TIME pada tahun 2014, sudah menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara dengan deforestasi tertinggi dunia, yaitu 840.000 hektar hutan musnah, mengalahkan negara Brazil. Hal ini berdasarkan Nature Climate Change Journal.

~  Apa Aksi Nyata Kita, GREEN GENERATION?
Sebagai generasi muda cinta pohon, hal-hal yang dilakukan yaitu dengan menanamkan kebiasaan aktif dalam melakukan penanaman pohon serta mendukung adanya program pemerintah yang berkaitan dengan perlindungan hutan. Serukan bahwa hukum perlindungan harus ditegaskan, penebangan boleh asalkan pada tempat yang benar dan harus diganti dengan bibit pohon baru agar  hutan dan pohon tetap lestari.

Tetap jaga dan cintai POHON KITA ya guys…
Keep LOVE your BELOVED TREES !

“The best friend on earth of man is the tree. When we use the tree respectfully and economically, we have one of the greatest resources on the earth” » Frank Lloyd Wright
“A tree is our most intimate connect with nature.” » George Nakashima

#OnePersonOneTree
#SaveEarth
#SaveLife
#BeHappinesWorld

KMPL 2017
BELAJAR BERKARYA BERMAKNA

Komentar