Rabu, 21 Maret 2018


[HAPPY WORLD WATER DAY 2018]

Tahukah kalian hari ini hari air sedunia?

Kenapa harus diperingati?

Apa pentingnya air sampai perlu diperingati?


Air merupakan sesuatu yang tidak bisa kita tinggalkan. Tanpa air manusia tidak bisa bertahan hidup. Bahkan sebagian besar tubuh manusia berisi air.

 Lalu apakah hari air sedunia itu?

Hari Air Sedunia (World Water Day) diperingati setiap tahun pada tanggal 22 maret oleh masayarakat seluruh dunia. Inisiatif peringatan tersebut tercetus pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Jeneiro Brasil. Setiap tahunnya World Water Day mempunyai tema khusus dan unik untuk menarik semua lapisan masyarakat dan meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebutuhan dan konservasi air. Tema tahun ini yang diangkat adalah “Alam untuk Air (Nature For Water)”.

Kita adalah generasi muda sebagai tongak peradaban dunia harus lebih menjaga, melestarikan dan memanfaatkan dengan bijak alam raya ini dan mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli dengan air. Banyak tantangan yang harus kita hadapi, salah satunya yang terpenting yaitu Air. Permasalah air telah kita temui dari abad ke-21. Ekosistem yang rusak mempengaruhi kuantitas dan kualitas air yang tersedia untuk konsumsi manusia. Saat ini, 2,1 miliar orang hidup tanpa air minum yang aman di rumah, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan, pendidikan dan mata pencaharian mereka.

IUCN mendefinisikan Solusi Berbasis Alam (Nature-based Solutions / NbS) sebagai "tindakan untuk melindungi, mengelola secara lestari, dan memulihkan ekosistem alami atau modifikasi, yang mengatasi tantangan masyarakat secara efektif dan adaptif, sekaligus memberikan kesejahteraan manusia dan keanekaragaman hayati manfaat " 

 Tujuan NbS untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan masyarakat dan dirancang untuk mengatasi permasalahan masyarakat yang utama, seperti ketahanan pangan, perubahan iklim, keamanan air, kesehatan manusia, risiko bencana, pembangunan sosial dan ekonomi. Air sangatlah penting bagi kehidupan makhluk, tidak hanya manusia hewan dan tumbuhan juga memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa air kehidupan tidak akan berjalan dengan baik, banyak kekeringan, kematian dan akan berakibat kepunahan pada makhluk hidup. 
Lalu apakah yang bisa kita lakukan supaya dapat menggunakan air secara bijak?
PBB memberikan setidaknya lima langkah sederhana untuk melakukan efisiensi air. 

  1. Mematikan keran air (wastafel) ketika kita sedang menggosok gigi.
  2. Mematikan keran air ketika kita mencuci atau membersihkan sayuran.
  3. Memasukkan sampah, minyak, kotoran, dan limbah makanan langsung ke tempat sampah, bukan membuangnya ke dalam air. Semakin kotor air limbah, maka akan semakin mahal biaya yang digunakan untuk mendaur ulang (mengembalikannya menjadi air layak minum).
  4. Menyimpan air bekas mencuci sayuran atau air limbah dapur untuk menyiram tanaman.
  5. Memanfaatkan air bekas mencuci piring atau baju untuk mencuci sepeda atau mobil.

Gunakanlah air secukupnya, jangan berlebih-lebihan. Tidak semua orang mudah untuk mendapatkan air, terutama air bersih. Setetes air bersih berguna bagi kini dan nanti. Ayo Jaga Alam Kita, Manfaatkan air dengan bijak. 

#WorldWaterDay
#saveWaterSaveLife
#SaveEarth


KMPL 2018
BELAJAR BERKARYA BERMAKNA



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages

Theme Support